Thursday, November 2, 2023

SangiRun 2023 Kembali Digelar di Sragen, Catat Kegiatannya!

 

Logo SangiRun 2023


SRAGEN – Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sragen kembali menggelar event berskala Nasional yaitu SangiRun 2023.

Lomba lari SangiRun menyuguhkan pengalaman lari yang menelusuri situs Sangiran Kalijambe yang merupakan warisan budaya khususnya prasejarah sehingga masyarakat maupun peserta SangiRun turut merasakan sensasi keberadaan situs Purba Sangiran dimasa lampau.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sragen Joko Hendang Murdono ditemui disela-sela  kegiatan Gelar Adiwiyata Rabu malam (1/11/2023) mengatakan rangkaian kegiatan SangiRun akan dihelat selama tiga hari mulai dari tanggal 3-5 November 2023.

SangiRun dibagi dalam tiga kategori yakni Lari Kategori 25K, Lari kategori 5K Race (Professional) dan Lari kategori Fun Run 5K. Juara pertama lari kategori 5K professional akan diambil 10 terbaik putra putri, juara pertama mendapatkan hadiah Rp 3,5 juta.

Sementara Juara pertama Putra dan Putri Fun Run 5K akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 1,5 juta, juara kedua Putra dan Putri mendapat Rp 1.250 juta, juara ketiga putra putri mendapat Rp1 juta, juara harapan 1 putra putri mendapat Rp 750 ribu dan jura harapan dua putra putri mendapat Rp 500 ribu.

Panitia menyediakan hadiah doorprise untuk peserta pelari 5K professional dan Fun Run 5K berupa 3 sepeda motor, 12 sepeda gunung, handphone dan hadiah menarik lainnya.

Berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan SangiRun 2023 diantaranya:

SangiRun Fair

Merupakan pameran UMKM yang melibatkan masyarakat desa Krikilan  yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 3 – 5  November 2023 yang dilaksanakan di Lapangan desa Krikilan Kalijambe (sebelah shelter Bus Trans Jateng) sejumlah 25 stand seperti kuliner, kerajinan tangan, souvenir khas sangiran dan batik.

Karnaval Budaya Sangiran

Karnaval dengan ide kreatifitas dari masing-masing peserta, dan diikuti oleh 25 desa yang dimulai dari Kecamatan Kalijambe dan berakhir di Lapangan Desa Krikilan dilaksanakan Jumat siang tanggal 3 November 2023.

Flag Off /Pemberangkatan Lari untuk kategori 25K sekaligus Pembukaan SangiRun Fair yang akan dibuka oleh Bupati Sragen di Lapangan Desa Krikilan, Sabtu malam tanggal 4 November 2023

Flag Off/Pemberangkatan Lari 5K Professional dan Lari 5K Fun Run

Pemberangkatan oleh Bupati Sragen dari Museum Bukuran dan berakhir di Lapangan Desa Krikilan. Flag off digelar Minggu sore tanggal 5 November 2023. 5k Fun Run didominasi oleh 1000 peserta pelari-pelari lokal dengan mengakomodasi untuk masyarakat Sragen khususnya pemuda Karang Taruna desa Krikilan, Komunitas-komunitas Lari Sragen maupun masyarakat umum.

Kuliner Sangiran Naik Kelas (Icip-icip Kuliner khas Sangiran)

Panitia menyediakan 1500 porsi kuliner khas Sangiran yang bisa dinikmati secara gratis oleh masyarakat. Kuliner ini digelar di Pendopo Omah Gedhang (kawasan Lapangan Krikilan) yang gelar Minggu sore tanggal 5 November 2023.

Acara Penutup menghadirkan Artis kenamaan Nella Kharisma dan Dory Harsa

Informasi selengkapnya di https://sangirun.id/ 

Penulis  : Mira_Diskominfo

Editor    : Yuli_Diskominfo

No comments:
Write comments