Tuesday, November 28, 2017

Pande Besi Tradisional Asal Sragen

 

Pak Pardi, Pande Besi Tradisional Asal Sragen

Kabupaten Sragen memiliki beberapa tradisi maupun budaya peninggalan leluhur  yang sangat banyak. Dari kesenian, kuliner, adat, sampai produk maupu usaha tradisional yang khas. Salah satunya adalah  Pande Besi Tradisional.

Pande Besi merupakan salah satu home industri untuk membuat alat-alat rumah tangga dan alat pertanian secara tradisional. Beberapa alat rumah tangga yang diproduksi antara lain sabit, pisau, dan pisau potong hewan. Sedangkan alat pertanian antara lain cangkul, anai-anai dan linggis.

Salah satu Pande Besi Tradisional asal Sragen adalah Pande Besi Pak Pardi yang beralamat di Sine Rt. 02/10, Kecamatan Sragen. Pak Pardi (yang sering disebut dengan Pardi Pande) sudah menggeluti usaha ini sejak masih bujang sampai sekarang, jika dihitung sekitar 40 tahun.

Bahan utama yang digunakan Pak Pardi untuk membuat sabit maupun pisau adalah menggunakan besi baja. Biasanya diambilkan dari per truk atau mobil. Jadi secara kualitas sangat bagus dan kuat. Berbeda dengan pisau atau sabit yang dijual dipasar, hanya menggunakan bahan besi biasa, sehingga mudah rusak.

Saat ini, Pak Pardi mengeluhkan tentang sedikitnya generasi muda yang mau melestarikan usaha ini. Hal ini dapat dilihat dari sedikitnya pande besi yang masih bertahan. Misalnya dikecamatan karangmalang hanya ada 4 orang pande besi, dimasaran hanya ada sekitar 3  orang. Pak Pardi juga mengeluhkan tentang banyaknya alat pertanian yang diimpor dari luar negeri, seperti cangkul.

Meskipun usaha ini ramai pada musim tertentu, Pak Pardi memiliki alasan tersendiri untuk tetap bertahan. Yakni sudah memiliki pelanggan tetap. Kedua, Pak Pardi sangat yakin tentang kualitas alat yang dibuatnya. Selain itu, jika pande besi semakin sedikit, sisi positif lainnya adalah pelanggan semakin bertambah.

Terkait dengan harga, Pak Pardi menuturkan harga satu pisau kecil (pisau dapur) sebesar 20 ribu, sabit 65 ribu, pisau sembelihan hewan 75 ribu, dan cangkul lengkap dengan doran (gagang cangkul) 100 ribu. Jika Anda ingin memiliki alat dapur maupun alat pertanian yang berkualitas baik, silakan datang ke Pande Besi Pak Pardi, atau via Telp 081393514747.

No comments:
Write comments